September13
Konsultasi Publik Peningkatan Kecepatan Kereta Api Jakarta-Surabaya
Kamis, 13 September 2018 pukul 18.06 WIB | Kategori TransportasiMassal

Konsultasi Publik Peningkatan Kereta Api Jakarta-Surabaya

160 km per jam

Jakarta [SapulidiNews] - Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan akan membangun trase baru dalam rangka peningkatan percepatan kereta api tujuan Jakarta-Surabaya.

Peningkatan Kecepatan Kereta Api yang akan dibuat menjadi 160 km/jam. Sehingga perjalanan antara Jakarta-Surabaya dapat ditempuh hanya sekitar 5 jam.

Untuk melakukan peningkatan kecepatan kereta api Jakarta-Surabaya, Ditjen Perkeretaapian akan membangun jalur/trase baru di sebelah selatan jalur kereta api yang saat ini ada. Total panjang jalur/trase yang akan dibangun mencapai 713 km.

Kereta api nantinya hanya singgah di 4 stasiun, yakni dimulai Stasiun Manggarai (DKI Jakarta), Stasiun Kejaksan, Cirebon (Jawa Barat), Stasiun Tawang, Semarang (Jawa Tengah), dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasar Turi (Jawa Timur).

Trase dari Jakarta hingga ke Cikarang atau perbatasan Karawang berada diatas atau elevated. Sedangkan trase dari Karawang hingga ke Surabaya umumnya sama dengan jalur saat ini.

Kegiatan konsultasi publik dilakukan untuk wilayah terkena dampak di Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

(A-192)

Tulis Komentar

Nama Email
Komentar
Masukkan Kode
 

Desclaimer. Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial SapulidiNews. Redaksi berhak merubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras dan antar golongan.