Berita-Berita PendidikanEkskul

March4
Ini 3 Tokoh Indonesia Terbaik Lulusan Inggris
Friday, 04 March 2016 pukul 07.43 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Jakarta [SAPULIDI News] - Tiga tokoh Indonesia lulusan universitas di Inggris mendapatkan penghargaan sebagai lulusan Inggris terbaik dari pemerintah Inggris melalui British Council dalam Education UK Alumni Award 2016, Kamis malam.

March3
Jadwal Pendaftaran SNMPTN 29 Februari Sampai 12 Maret 2016
Thursday, 03 March 2016 pukul 05.56 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Jakarta [SAPULIDI News] - Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Rochmat Wahab meminta siswa yang lulus verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk segera melakukan pendaftaran.

December22
SMAN 1 Liwa raih penghargaan Adiwiyata Nasional
Monday, 22 December 2014 pukul 11.03 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Liwa, Lampung Barat (SAPULIDI News) - SMAN 1 Liwa meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

"Hari ini (22/12), Bupati Lampung Barat Drs Mukhlis Basri MM akan menerima penghargaan itu di Auditorium Manggala Wanabhakti, Jakarta," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Lampung Barat, Burlianto Eka Putra, di Liwa, Lampung Barat, sekitar 278 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Senin.

Menurut dia, SMAN 1 Liwa terpilih sebagai sekolah telah berhasil melestarikan dan mempertahankan pelestarian lingkungan hidup, karena itu Bupati akan menerima penghargaan yang diberikan oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

Dalam penerimaan penghargaan itu, Bupati Mukhlis Basri akan didampingi oleh Kepala BLHKP setempat Gison Sihite, Kepala Dinas Pendidikan Nukman MS, dan Kepala SMAN 1 Liwa Ansori.

"Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang berwawasan dan berkarakter lingkungan. Sekolah tersebut terpilih sebagai sekolah Adiwiyata Nasional karena dinilai telah berhasil melestarikan dan mempertahankan pelestarian lingkungan hidup. Selain itu, sekolah tersebut dinilai mampu dalam pengelolaan lingkungan hidup," kata dia menjelaskan.

Ia menambahkan pemberian penghargaan tersebut telah melalui mekanisme penilaian yang terdiri atas tahap penilaian dokumen, evaluasi lapangan, dan penilaian akhir.

"Dari berbagai tahapan tersebut, SMAN 1 Liwa akhirnya ditetapkan menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Lampung dan secara otomatis ikut dalam penilaian Adiwiyata tingkat nasional. Beberapa waktu lalu, tim dari Kementerian Lingkungan Hidup yang dipimpin oleh Sudarmono telah melakukan penilaian di sekolah tersebut," ujarnya.

Keberhasilan sekolah tersebut dalam meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tak lepas dari perhatian Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri terhadap dunia pendidikan, termasuk pelestarian lingkungan di sekolah-sekolah, demikian Burlianto Eka Putra.

Sumber : ANTARA

November18
SMK Harus Berinovasi
Tuesday, 18 November 2014 pukul 09.59 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Jakarta [SAPULIDI News] - Sekolah-sekolah menengah kejuruan (SMK) mesti berinovasi untuk meningkatkan kualitas lulusannya supaya bisa bersaing di pasar kerja, kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Larso Marbun.

September10
386 Siswa Difabel Ikuti Perkemahan Pramuka
Wednesday, 10 September 2014 pukul 14.02 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Bali [SAPULIDI News] - Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah sangat relevan dengan pendidikan karakter bangsa. Dirjen Pendidikan Menengah, Achmad Jazidie mengatakan hal tersebut terbukti dengan kesamaan nilai-nilai pendidikan karakter yang religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, dan mandiri.

August14
Pramuka masuk ekstrakurikuler wajib kurikulum 2013
Thursday, 14 August 2014 pukul 15.40 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Pontianak (SAPULIDI News) - Pendidikan kepramukaan saat ini tak lagi sekadar mengisi masa senggang kaum para siswa, melainkan masuk ekstrakurikuler wajib pada kurikulum tahun 2013, kata Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

"Kita bangkitkan lagi kepramukaan dalam rangka membentuk karakter generasi muda ke depan," kata Edi Rusdi Kamtono, usai upacara memimpin Peringatan HUT ke-53 Gerakan Pramuka tahun 2014 Kwarcab Kota Pontianak, Kamis.

Edi menjelaskan pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk mencetak kaum muda yang handal dan berkarakter. Sebagai pendidikan non formal, Gerakan Pramuka melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga dan pendidikan formal di sekolah.

Peranan keluarga pelaku pendidik informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan kaum muda sering terjadi di antara rumah dan sekolah sehingga Gerakan Pramuka mempunyai peranan penting dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di kalangan kaum muda.

"Kerja sama sinergis antara lembaga pendidikan formal, non formal, dan pendidikan informal dalam keluarga sangat penting dan menjadi suatu keharusan," ujarnya.

Edi menambahkan banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan kepramukaan diantaranya memupuk rasa kemanusiaan, nilai-nilai kejuangan, wawasan kebangsaan, rasa solidaritas, mengasah keterampilan dan hal-hal positif lainnya yang menjadi bekal bagi anggota pramuka untuk masa depannya.

"Jadi karakter bangsa terbentuk melalui Gerakan Pramuka, misalnya tolong menolong, gotong royong, jujur, hormat kepada yang lebih tua dan lain sebagainya," kata Wakil Wali Kota Pontianak.

Sumber : ANTARA

July5
Isi Liburan, Siswa Bertani
Saturday, 05 July 2014 pukul 12.33 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Jambi [SAPULIDI News] - Delapan orang siswa pilihan beserta seorang guru pendamping dari Labor Siswa Kreatif (LaskArt) SMA YPWI kota Jambi yang mengikuti program Familirisastion Trip ke Kabupaten Kerinci mengisi masa liburan dengan berbaur dengan kehidupan masyarakat setempat dan praktik bertani.

April28
Kendari Tuan Rumah Pesta Permainan Tradisional 2014
Monday, 28 April 2014 pukul 18.41 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Kendari [SAPULIDI News] - Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan Pesta Permainan Tradisional Anak 2014 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

March24
13 Perguruan Tinggi Swasta di Bengkulu Bermasalah
Monday, 24 March 2014 pukul 18.00 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Bengkulu [SAPULIDI News] - Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat ada 13 perguruan tinggi swasta di Provinsi Bengkulu yang bermasalah.

March22
4 Institut Seni dan Budaya Dibuka
Saturday, 22 March 2014 pukul 14.52 WIB  Kategori PendidikanEkskul

Jakarta [SAPULIDI News] - Proses pendirian Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di empat wilayah Indonesia (Aceh, Kalimantan Timur, Sulawesi dan Papua) serta pendirian Institut Teknologi Sumatera dan Kalimantan sudah dimulai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sejak tahun 2012.