Desember2
KUD Setia Bakti Modal 7 Juta, Amset 18 M
Jumat, 02 Desember 2011 pukul 11.32 WIB | Kategori EkonomiKoperasi

DOk.Istimewa

Tanah Grogot (SAPULIDI News) - Tak sedikit penghargaan yang berhasil diraih Koperasi Unit Desa (KUD) Setia Bakti di Desa Kerta Bakti Kecamatan Long Ikis. Mulai dengan penghargaan koperasi terbaik se Kebupaten Paser, penghargaan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltim, dan penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM RI.

Bahkan menurut Ketua KUD Setia Bakti B Siahaan, Kamis (1/12), koperasi mendapatkan penghargaan pemasok tandan buah segar (TBS) sawit se-Kaltim dari PT Perkebunan Nusantara XIII di tahun 2010. Sedangkan omset koperasi sekitar Rp 1,8 miliar, dengan modal awal Rp 7 juta di tahun 1992.
 
"Begini, TBS dari kebun anggota kita kan semua jual ke PTPN XIII lewat koperasi, dan PTPN XIII memiliki standar produksi per luasan lahan kebun yang diusahakan. Nah, dibandingkan dengan produksi kebun sawit yang dikelola koperasi lain di Kaltim, produksi kita jauh melebihi produksi lain dan melebihi standar produksi PTPN XIII," kata Siahaan.
 
Untuk lebih jelas, Siahaan memberikan contoh. Misalnya, antara KUD Setia Bakti dan KUD B mengelola hasil panen dengan luas kebun yang sama, tetapi hasil panen KUD Setia Bakti yang dipasok ke PTPN XIII jauh lebih banyak ketimbang KUD B, dan melebihi standar produksi PTPN XIII.
 
"Selain usaha itu, koperasi kita juga memiliki usaha Simpan pinjam, Warung serba ada (waserda), Transportasi pengiriman TBS, dan usaha Peternakan. Anggota kita sekarang sebanyak 400 orang dan 25 calon anggota karena seleksi keanggotaan kita sangat ketat. Mereka semua dibagi dalam 19 kelompok tani, salah satunya kelompok tani pertanian," jelasnya. (TKaltim/Red)

Tulis Komentar

Nama Email
Komentar
Masukkan Kode
 

Desclaimer. Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial SapulidiNews. Redaksi berhak merubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras dan antar golongan.